Sabtu, 21 Januari 2012

TIPS: Agar Koi Menjadi Jinak

Semua ikan hias Koi mempunyai sifat dasar jinak, senang berkumpul dan berenang bersama-sama. Koi yang baru masuk kolam sekalipun, bisa langsung menjadi jinak asalkan kolam yang baru dimasuki mempunyai keadaan lingkungan yang baik sehingga  membuat ikan koi merasa betah nyaman.


Beberapa hal yang diperhatikan agar Ikan Koi Jinak :

1. Mengenal  Karakter Ikan Koi “
Ikan Koi ada yang sangat jinak, pemberani, ada pula yang penakut dan malu2 kucing. Dengan bertambahnya umur dan ukuran, ikan koi akan semakin dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Jenis ikan Koi Chagoi yang mempunyai sifat paling jinak dibandingkan dengan jenis Ikan koi lainnya. Jadi ada baiknya menaruh Chagoi di kolam anda agar ikan koi lainnya terpengaruh perangainya.

2. Kondisi Air
Pada kondisi kualitas air yang normal, maka koi juga berperilaku normal. Namun bila kondisi air kolam bermasalah, koi pun juga pasif serta berprilaku tidak normal, tidak seperti biasanya yang akan selalu berenang menghampiri apabila didekati.

3. Merasa Nyaman
Ikan Koi harus merasa aman dan nyaman berenang ke seluruh penjuru kolam, adalah hal pokok yang perlu diperhatikan.  Bila ada bagian kolam yang tertutup, bawah pancuran dan sudut2 kolam tersembunyi, maka Ikan Koi akan nyaman tinggal disana berlama-lama dan "malas" menampakkan sosoknya. Bila diberi makan, Ikan Koi hanya timbul sesaat, menyambar  secepat kilat dan bersembunyi kembali. Bila Ikan Koi berkumpul tidak mau berpindah dari suatu tempat tertentu, berarti disitulah tempat  yang dicari dan sangat disukai.
Jadi jika anda ingin membuat kolam pikirkan dulu designya, ada baiknya bertanya kepada ahlinya, yang mengerti seluk beluk kolam koi yang baik dan benar
 
4. Kepadatan Kolam
Ikan Koi dalam jumlah relatip sedikit dibanding dengan luas kolam akan sulit menjadi jinak, cenderung takut bila didekati. Hal tersebut merupakan naluri alamiah ikan koi, namun bila ikan koi dalam jumlah relatip yang cukup dibanding dengan luas kolam, maka keberanian pun bertambah  bisa mendekati kita untuk kita elus dan dipegang.

Demikian sedikit Tipsnya jika ada salah dan kurangnya mohon dimaafkan yach ;)


Disarikan dari perbagai sumber

4 komentar:

  1. i want your koi fish size in 15cm in 150 nos fish so please tell price and new live photos. iam from india so replay

    BalasHapus
  2. i want your koi fish size in 15cm in 150 nos fish so please tell price and new live photos

    BalasHapus
  3. i want your koi fish size in 15cm in 150 nos fish so please tell price and new live photos

    BalasHapus
  4. Horny girls on cams for free! just sing-up and enjoy! https://bit.ly/2zLHAfJ

    BalasHapus